Cp : 08128356640 WhatsApp 08128356640

Informasi Jasa dan Sewa READYMIX , POMPA BETON, VIBRATOR, TROWEL, MOBIL MIXER, EPOXY, WATERPROOFING, POLISHER LANTAI, CUTTER BETON, GELAR BETON, MESIN MOLEN Terpercaya, Termurah dan Berkualitas di sini tempat nya,,!!


kerja sama :
PT. Niaga Sinar Sentosa. CV. Rina Jaya Mandiri

Pengertian Concrette Batching Plant

Batching Plant adalah alat yang mencampur atau memproduksi adukan Beton Readymix  berskala besar. Berbagai macam batching plant ternama yang ada di Indonesia diantaranya yaitu Batching Plant Pioner Beton, Batching Plant Adhimix, Batching Plant Jayamix, Batching Plant Holcim, Batching Plant Waskita, Batching Plant Merah Putih, Batching Plant Wika Beton.

 Pengertian Concrette Batching Plant


Batching Plant itu sendiri hanya berfungsi untuk menimbang saja, untuk pengadukan beton ready mix dilakukan pada concrete mixer truck. Semua material yang akan diaduk, sebelumnya ditimbang sesuai dengan mix design dengan memperhitungkan kandungan air dalam material, baik dalam agregat kasar maupun agregat halus (pasir). Agar batching plant dapat berproduksi sesuai kapasitasnya harus didukung dengan kecepatan pasokan material dan jumlah truk pengangkut (Mixer Truck ) secara berimbang, kira2 untuk type Dry mixed batching plant memiliki kapasitas 40-100 m3/jam.


Bagian-Bagian Batching Plant 
  • Cement silo, berfungsi untuk tempat penyimpanan semen dan menjaga semen agar tetap baik.
  • Belt conveyor, berfungsi untuk menarik bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) ke atas dari bin ke storage bin.
  • Bin, berfungsi sebagai tempat pengumpulan bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) yang berasal dari penumpukan bahan di base camp dengan bantuan wheel loader untuk di tarik ke atas (storage bin).
  • Storage bin, digunakan untuk pemisah fraksi agregat. Storage bin dibagi menjadi 4 (empat) fraksi, yaitu: agregat butir kasar (split), butir menengah (screening), butir halus (pasir), dan fly ash.
  • Timbangan pada alat batching plant dibagi menjadi 3 (dua) macam, yaitu: timbangan untuk agregat, timbangan untuk semen, dan timbangan untuk air.
  • Dosage pump, digunakan untuk penambahan bahan admixture seperti retarder.
  • Tempat penampungan air yang berfungsi sebagai supply kebutuhan air pada ready mix.

 Concrette Batching Plant



Alat Berat pada Batching Plant

Alat-alat berat yang dibutuhkan pada Batching Plant antara lain:
  1. Dump truck yang berfungsi untuk mengangkut bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) dari quarry menuju ke base camp.
  2. Wheel loader yang berfungsi untuk alat angkut bahan/material (agregat kasar dan agregat halus) dari tempat penumpukan material menuju ke bin. Wheel loader memiliki bucket untuk membawa material dan bergerak dengan menggunakan roda karet, sehingga mobilitasnya tergolong cepat.
  3. Cement truck yang berfungsi sebagai pengangkutan semen curah dari pabrik semen ke base camp.
  4. Concrete mixer truck yakni suatu kendaraan truk khusus yang dilengkapi dengan concrete mixer yang fungsinya mengaduk/mencampur campuran beton ready mix, sama dengan alat molen. Concrete mixer truck ini digunakan untuk mengangkut adukan beton ready mix dari tempat pencampuran beton ke lokasi proyek. Selama pengangkutan, mixer terus berputar dengan kecepatan 8-12 putaran per menit agar beton tetap homogen dan beton tidak mengeras.

Itulah sekilas artikel dari kami tentang Batching Plant. Semoga artikel ini bisa menambah wawasan bagi anda yang ingin mengetahui tentang Istilah Batching Plant. Sekian dan Terima Kasih




0 Komentar untuk "Pengertian Concrette Batching Plant"

Back To Top