Cp : 08128356640 - WhatsApp 08128356640

Info Penjualan BETON COR / READYMIX / JAYAMIX Terpercaya, di sini tempat nya,,!!
Harga Beton Cor / Readymix Termurah, di solusi nya,,!!
Mau Sewa Pompa Beton / Concrete Pump, di Sini layanan nya,,,!!

kerja sama :
PT. Niaga Sinar Sentosa. CV. Fresh Concrete

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Campuran Beton


http://www.inforeadymix.com/
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Campuran Beton

Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Campuran Beton - Mitra Inforeadymix, setelah kita membahas tentang Apa Itu Mix Design ? nah kali ini kami akan mengajak anda membahas tentang faktor apa saja sih yang dapat mempengaruhi pemilihan campuran beton ? hal ini perlu anda ketahui sebelum anda membeli Beton Ready Mix dari kami.

Beragam faktor yang mempengaruhi perancangan campuran diantaranya :

1. Kuat Tekan

Ini adalah salah satu dari karakteristik beton yang paling penting dan mempengaruhi unsur-unsur beton lainnya. Kuat tekan rerata pada umur beton tertentu, biasanya 28 hari, menunjukkan nilai rasio air-semen dari campuran. Faktor lain yang mempengaruhi kekuatan beton adalah tingkat pemadatan.

2. Workability

Tingkat kemudahan pengerjaan bergantung pada tiga faktor, yaitu ukuran beton yang direncanakan, jumlah penulangan, dan metode pemadatan yang akan digunakan. Untuk ukuran yang sempit dan sulit dengan banyak sudut atau bagian-bagian yang sulit terjangkau, beton harus memiliki tingkat kemudahan pengerjaan yang tinggi sehingga pemadatan penuh dapat dicapai dengan usaha-usaha tertentu (seperti menggunakan bantuan alat vibrator dsb). Ini juga berlaku untuk jumlah tulangan dan peralatan pemadatan yang tersedia di lapangan.

3. Durability

Ketahanan beton yang dimaksud adalah ketahanan beton terhadap kondisi lingkungan agresifnya. Beton dengan kuat tekan tinggi biasanya lebih tahan lama dibandingkan dengan beton yang berkekuatan rendah. Pada situasi dimana kekuatan beton yang tinggi tidak terlalu diperlukan tetapi kondisi lingkungan yang mengharuskan beton memiliki ketahanan tinggi, maka persyaratan ketahanan akan menentukan rasio air-semen yang akan digunakan.

4. Ukuran Nominal Maksimum Agregat

Secara umum, semakin besar ukuran agregat, semakin sedikit semen yang dibutuhkan untuk rasio air-semen tertentu, karena tingkat kemudahan pengerjaan beton akan meningkat sebanding dengan semakin besarnya ukuran agregat. Akan tetapi, kuat tekan cenderung meningkat apabila ukuran agregat semakin kecil.

5. Grading and tipe of agregat

Kekasaran agregat turut mempengaruhi proporsi campuran. Semakin kasar agregat, semakin kuat ikatan antara agregat dengan semen. Tipe agregat juga mempengaruhi rasio agregat-semen. Satu hal yang penting dalam pencampuran beton adalah keseragaman ukuran agregat yang digunakan.

6. Quality Control

Kontrol terhadap kualitas dapat diperkirakan berdasarkan beberapa variasi hasil tes campuran beton. Variasi kekuatan beton disebabkan oleh variasi bahan campuran yang digunakan, kurangnya control dalam proses pengadukan, pencampuran, penuangan, pengeringan dan pengetesan.

Sekilas artikel dari kami, semoga bermanfaat bagi wawasan anda....Wassalamualaikum Wr. Wb


Baca Juga :

Indonesia Membangun

0 Komentar untuk "Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pemilihan Campuran Beton"

Back To Top