Cp : 08128356640 - WhatsApp 08128356640

Info Penjualan BETON COR / READYMIX / JAYAMIX Terpercaya, di sini tempat nya,,!!
Harga Beton Cor / Readymix Termurah, di solusi nya,,!!
Mau Sewa Pompa Beton / Concrete Pump, di Sini layanan nya,,,!!

kerja sama :
PT. Niaga Sinar Sentosa. CV. Fresh Concrete

Apa Itu Mix Design Beton ?

Apa Itu Mix Design Beton ?

Apa Itu Mix Design Beton ?
Mix Design Beton
Mix Design Beton - Mitra Inforeadymix yang berbahagia, Kiranya halaman ini khusus kami buat karena banyak konsumen yang menanyakan tentang Apa Itu Mix Design Beton ? dan bagaimana cara perencanaan campuran beton itu sendiri ? Nah, tulisan ini saya persembahkan untuk para praktisi lapangan, ataupun akademisi yang selalu ingin belajar tentang Beton atau biasa orang sebut dengan Ready Mix.

Sebelumnya kita harus tau apa itu beton ? beton ya beton…karna pada umumnya semua orang sudah mengetahui apa yang dimaksud beton. Sudah belajar bertahun-tahun tapi saya masih belum bisa memahami kenapa diberinama sebagai “beton”, kenapa gak boten, atau tonbe, atau tebon, atau lainnya…ada yang bisa jawab? hehehe, buka halaman ini.

Sebelum menguraikan tentang beton, saya akan mencoba mengulas sedikit tentang suatu nama yang bersodaraan dengan beton, yaitu: Pasta dan Mortar. Apa yang dimaksud dengan Pasta? Apa yang dimaksud dengan Mortar? untuk mengenali mereka mari kita lihat MATERIAL PENYUSUNnya, lihat di bawah ini:

Pasta = Air + Semen
Mortar = Air + Semen + Pasir
Beton = Air + Semen + Pasir + Kerikil

Nampak jelas perbedaan nya bukan? sedikit lebih mengenali siapa beton itu..hehe, diatas itu adalah BETON NORMAL. lah kok muncul nama yang aneh lagi, klo ada beton normal, berarti ada beton abnormal dong?ya jelas ada..dalam hal ini abnormalnya beton adalah “beton khusus” dimana material pnyusunnya tidak seperti beton normal, dan cara pencampuran dan metode pelaksanaanya berbeda dengan beton normal. sejenak kita lupakan dulu saja tentang beton khusus, karena hal tersebut baru bisa di fahami ketika anda sudah memahami “beton normal”, karena dasar-dasar mix desain beton khusus adalah beton normal. jadi mari kita bahas tentang beton normal. saya berjanji, jika saya masih diberi kesempatan menulis saya akan menjelaskan kelanjutan dari artikel saya ini untuk membahas beton khusus.

Beton Normal
Sifat Fisika Bahan Dasar
Berat Satuan:(diambil dari PPURG’87)
> Air = 1000 kgf/m3
> Semen = 1250 kgf/m3
> Pasir = 1500 kgf/m3
> Kerikil = 1500 kgf/m3

Berat Jenis :(diambil dari angka kisaran hasil pengujian material)
> Air = 1
> Semen = 3,15
> Pasir = 2,5
> Kerikil = 2,5

Sedangkan MIX DESIGN dapat didefinisikan sebagai proses merancang dan memilih bahan yang cocok dan menentukan proporsi relatif dengan tujuan memproduksi beton dengan kekuatan tertentu, daya tahan tertentu dan se ekonomis mungkin.

Rancangan campuran beton bukanlah tugas sederhana karena sifat yang sangat beragam dari material penyusunnya, kondisi yang ada di tempat kerja, khususnya kondisi eksposur, dan kondisi yang dituntut untuk pekerjaan tertentu. Dan persyaratan perancangan campuran Beton bisa anda lihat dibawah ini.

Persyaratan dasar dalam memilih dan menentukan jumlah bahan campuran beton
  • Kuat tekan minimum yang didapat dari pertimbangan structural.
  • Kemudahan pengerjaan yang dibutuhkan untuk pemadatan sesuai dengan peralatan pemadatan yang tersedia.
  • Faktor air-semen (fas) maksimum dan/atau kandungan semen maksimum untuk memberikan ketahanan yang cukup sesuai dengan kondisi-kondisi lokasi pengerjaan.
  • Kandungan semen maksimum untuk menghindari penyusutan, keretakan akibat siklus temperature dalam massa beton.

Macam-macam tipe Mix Design

1. Nominal Mixes

Artinya adalah rasio campuran semen-agregat yang telah ditetapkan sebelumnya yang sesuai dengan speksifikasi beton. Tipe ini menawarkan kemudahan campuran (karena perbandingannya sudah ditetapkan sebelumnya sehingga tidak memerlukan analisis campuran) dan hanya berlaku pada kondisi-kondisi normal saja.

2. Standard Mixes

Campuran nominal dari rasio semen-agregat yang telah ditetapkan (seperti yang diatas) akan memberikan hasil kekuatan yang sangat beragam dan bisa jadi memberikan hasil campuran yang terlalu sedikit atau terlalu banyak. Untuk alasan inilah kuat tekan minimum telah dijabarkan dalam banyak spesifikasi. Campuran dengan mempertimbangkan banyak spesifikasi teknis inilah yang disebut Standard Mixes.

IS 456-2000 telah memberikan campuran beton yang dituangkan dalam tingkatan angka seperti M10, M15, M20, M25, M30, M35 dan M40. Huruf M berarti Mix (campuran) dan angka mengacu pada kuat tekan beton pada hari ke 28 dalam N/mm2.

3. Designed Mixes

Dalam campuran tipe ini, desainer menentukan kinerja beton dan produsen beton menentukan proporsi campuran beton. Ini merupakan pendekatan yang paling rasional dalam memilih dan menentukan jumlah campuran beton tanpa meninggalkan karakteristik uniknya. Pendekatan ini memberikan hasil produksi beton yang sangat ekonomis.

Nah, demikian uraian artikel tentang Mix Design Beton dari kami. Untuk apa saja faktor-faktor apa saja yang dapat Mempengaruhi Pemilihan Campuran Beton bisa anda kunjungi halaman ini.


Inchoming Search :

0 Komentar untuk "Apa Itu Mix Design Beton ?"

Back To Top